• Isi Kandungan Geplak
Geplak

Geplak

Geplak Original

Rp. 30.000/kg

Geplak adalah makanan khas daerah Bantul yang sudah terkenal dijadikan oleh-oleh wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta. Merupakan kekayaan kuliner berasa manis ini hanya memiliki warna putih dan kelam, namun seiring dengan perkembangan jaman, olahan tersebut mulai dimodifikasi dengan warna dan aroma yang bermacam-macam sehingga lebih menarik pembeli untuk mencicipinya dan untuk membawa pulang.

Dahulu, Geplak sendiri dimanfaatkan sebagai makanan pengganti beras atau nasi. Dimusim paceklik kerap masyarakat menjadikan Geplak menjadi makan pokok sehari-hari. Sejarah Geplak ini tidak lepas dari riwayat banyaknya pabrik gula di daerah Bantul, pada era kolonial Hindia Belanda, Bantul sangat terkenal dengan pabrik gula tebunya yang melimpah. Sampai saat ini pabrik gula yang masih bertahan yaitu Pabrik Gula Madukismo. Gula tebu yang dihasilkan inilah yang lalu dimanfaatkan untuk membuat panganan yang salah satunya kemudian di kenal dengan sebutan Geplak.

Keistimewaan Geplak Jogja terletak pada rasanya yang manis legit campur gurih kelapa muda menjadi suatu daya tarik oleh para wisatawan yang berkunjung di Jogja. Bagi yang belum pernah mencicipi akan terasa sangat manis, namun apabila sudah terbiasa akan terasa pas dan sangat enak.

Hampir di semua pusat oleh-oleh Yogyakarta menjual makanan ringan berwarna-warni ini. Wisatawan dengan mudah menjumpai Geplak sebagai buah tangan khas kota Jogjakarta ini di sepanjang jalan kota Jogja. Tak lengkap rasanya jika datang ke kota istimewa Yogyakarta tanpa mencicipi atau membawa pulang kembali makanan ringan berwarna-warni Geplak ini. Rasa yang Seistimewa kota Jogja.

Namun di Kulon Progo sudah merambah produsen geplak salah satunya adalah Geplak Asli Pak Kusnan yaitu makanan yang terbuat dari perpaduan antara kelapa muda dan gula pasir yang rasanya manis. Bentuknya yang bulat dan warnanya warna-warni seperti merah, kuning, hijau dan putih. Memiliki variasi rasa yaitu strobery, pandan, leci dan duren. Akan lebih nikmat lagi ketika dimakan selagi masih panas.

Geplak ini dikemas dengan plastik 250 gram dan 500 gram, mika dan standing pouch untuk menghasilkan ketertarikan dan kerapian pembeli.