• Isi Kandungan Geplak
Wajik Klethik

Wajik Klethik

Wajik Kletik Jogja

Rp. 30.000/kg

Wajik ialah salah satu kekayaan kuliner di Indonesia memiliki sebutan yang berbeda-beda di beberapa tempat. Nama wajik sendiri lebih terkenal di daerah Jawa Tengah. Wajik di Sumatra disebut pulut manis. Selain memiliki sebutan yang berbeda-beda, Indonesia juga memiliki bermacam-macam jenis wajik. Yang paling dikenal adalah wajik ketan meskipun dikenal luas di Indonesia, juga terkenal di negara tetangga, sehingga juga diakui sebagai kue khas negara tetangga Indonesia.

Wajik Klethik memiliki bahan utama seperti wajik ketan yaitu beras ketan. Yang terbuat dari perpaduan kelapa muda dan gula pasir dibungkus kecil-kecil dengan kertas minyak yang bentuknya seperti wajik memiliki beberapa warna yaitu merah, kuning dan hijau. variasi rasa ada duren, stroberry dan pandan. cita rasanya manis legit tekstur seperti beras yang belum matang tetapi apabila dimakan akan terasa lunak dan mudah digigit. dikemas dengan plastik 250 gram dan 500 gram, mika dan standing pouch.

filosofi kenapa wajik jadi kue penting diacara nikahan jawa? Dipernikahan adat Jawa sendiri, ada beberapa manakan yang wajib ada karena memiliki makna dan doa tertentu. Makanan tersebut adalah makanan yang terbuat dari beras ketan seperti halnya wajik Jogja . Makanan ini memiliki filosofi yang begitu menarik dan syarat akan makna.

Wajik ini bahkan selalu ada di setiap pernikahan adat Jawa. Tak hanya dalam acara pernikahan saja, makanan yang terbuat dari beras ketan ini dimasak dengan proses cukup lama dan juga tidak ketinggalan untuk jadi makanan seserahan saat proses lamaran calon kedua pengantin.

Kenapa makanan dari olahan beras ketan penting di acara pernikahan? Dari beberapa nasehat orang tua di sekitar tempat tinggal saya, juga orang-orang yang paham dengan pernikahan adat Jawa, makanan wajik menjadi suguhan pada acara pernikahan karena memang memiliki filosofi khusus. Sifat beras ketan yang lengket, diharapkan menjadi pelajaran bagi setiap pengantin baru agar keduanya juga senantiasa lengket atau memiliki hubungan erat.

Terlepas dari itu semua, proses pembuatan makanan ini yang lama dan butuh kesabaran ekstra serta memerlukan kerja sama beberapa orang, menjadi pelajaran agar pasangan pengantin saat menikah nanti tidak mudah putus asa dalam membangun dan mengarungi rumah tangga. Diharapkan kedua pasangan pengantin selalu bekerja sama dan saling mendukung antara satu dengan lainnya.

Itulah alasan kenapa wajik Jogja menjadi kue atau makanan yang selalu ada di adat pernikahan Jawa. Kalau di tempat Anda, makanan apa yang wajib ada di acara pernikahan dan memiliki filosofi yang dalam juga?